Cara Menggunakan Postinor yang Benar Untuk Mencegah Kehamilan | Postinor Jakarta

Cara Menggunakan Postinor yang Aman

Cara menggunakan postinor harus sesuai aturan yang baik dan benar agar dapat mencegah kehamilan. Hal ini agar pencegahan yang dilakukan dapat sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak membahayakan keselamatan wanita itu sendiri. 

Satu hal yang menjadi syarat mutlak penggunaan postinor adalah hubungan seksual yang dilakukan tanpa perlindungan. Hubungan seksual tanpa perlindungan yang dimaksud adalah hubungan tanpa menggunakan kondom ataupun kontrasepsi oral hingga kasus perkosaan. Hubungan badan sekalipun menggunakan hitungan kalender jika dilakukan tanpa pengaman tetap memiliki risiko terjadinya kehamilan. 

jual postinor jakarta


Namun bagaimana anda dapat memastikan bahwa postinor yang anda miliki aman?

Aman disini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan namun memperhatikan aspek legal dan kualitas obat yang anda terima. 

1. Pastikan masa kadaluwarsa masih lama. Masa kadaluwarsa obat postinor sendiri berkisar 3 tahun dari masa produksinya. Jika ditempatkan pada tempat yang baik dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung maka postinor sangat aman digunakan. 

2. Bentuk yang utuh. Mohon diperhatikan dari setiap penggunaan obat postinor memiliki bentuk yang utuh dan tidak rusak karena kemasukan air atau karena berada di tempat yang terlalu panas. Hal ini penting diperhatikan karena obat dengan kondisi rusak sudah mengurangi fungsi utama obat tersebut. 

Cara Menggunakan Postinor Sebagai Kontrasepsi Darurat

Postinor atau yang disebut morning pill sudah menjadi satu - satunya obat yang berfungsi sebagai kontrasepsi darurat bagi pasangan yang ingin menunda atau mencegah kehamilan. Obat ini cukup unik mengingat obat - obat kontrasepsi biasanya dipakai sebelum aktif berhubungan. Kebalikan dengan postinor, obat postinor sebagai kontrasepsi darurat justru digunakan setelah berhubungan. 



Seperti namanya yaitu "kontrasepsi darurat" maka obat ini hanya dapat digunakan dalam kondisi darurat. Maksudnya bagaimana?

Seperti dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa kondisi darurat adalah kondisi dimana anda melakukan hubungan seksual aktif tanpa menggunakan pelindung sama sekali. 

Jika anda melakukan lebih dari sekali dalam 1 siklus menstruasi maka dikhawatirkan obat postinor justru dapat mengganggu siklus menstruasi menjadi lebih cepat maupun lebih lambat dari siklus anda pada biasanya. 

Cara Menggunakan Postinor Berdasar Dosis yang Tepat

Setiap dosis postinor terdapat 0.75mg levonorgestrel. Apa itu lovonorgestrel? Levonorgestrel merupakan sebuah hormon yang memiliki peranan dalam sistem siklus menstruasi wanita. Dimana hormon ini mampu membantu proses peluruhan masa kesuburan sel telur. 


Dalam setiap dus postinor yang anda terima anda akan mendapat 2 tablet postinor yang memiliki kandungan dosis 0.75 mg levonorgestrel di setiap tabletnya. Sesuai ketentuan pastikan segel tidak rusak dan kondisi tablet dalam kondisi yang baik. 

Ada 2 cara pemakaian yang banyak digunakan :

1. Gunakan 1 tab setelah berhubungan lalu disusul 1 tab lagi 12 jam setelah anda mengonsumsi obat pertama. Hal ini banyak digunakan jika anda memahami bahwa efek postinor bisa sangat memberi rasa mual

2. Gunakan 2 tablet sekaligus tanpa jeda. Hal ini banyak digunakan jika anda khawatir telat atau lupa mengonsumsi tablet kedua 

Manakah metode yang lebih baik? Diketahui dari penelitian terkini, tidak ada perbedaan signifikan dari jenis metode konsumsi obat postinor ini. 

Namun yang perlu dipahami adalah postinor memiliki efek yang sangat baik jika dikonsumsi dibawah 72 jam. 

Kapan Penggunaan Postinor Dikatakan Tidak Efektif?

Penggunaan postinor dapat menjadi sia - sia jika tidak diikuti aturan yang berlaku atau timing yang tidak tepat. Berikut beberapa waktu dimana penggunaan postinor menjadi sia - sia karena tidak tepat. 

1. Postinor sebagai kontrasepsi darurat digunakan seperti kontrasepsi oral pada umumnya yaitu dikonsumsi sebelum berhubungan seksual. Hal ini berdampak pada tidak efektif penggunaan obat kontrasepsi darurat. 

2. Setelah menggunakan postinor anda melakukan hubungan seksual kembali. Jika anda masih berencana melakukan hubungan seksual dalam 72 jam maka gunakan postinor setelah anda melakukan hubungan seksual terakhir. 

3. Memuntahkan obat yang sudah dikonsumsi karena dampak mual yang ditimbulkan tanpa mengonsumsi postinor kembali. Mengapa obat yang dimuntahkan kembali tidak memberi efek? Hal ini dikarenakan obat belum sempat terserap sempurna oleh tubuh namun sudah hancur dan dibuang oleh tubuh.

4. Menunda penggunaan postinor karena anda tahu bahwa postinor memiliki efek hingga 72 jam setelah berhubungan pertama. Jika anda memiliki kesempatan mengonsumsi postinor maka jangan ada niatan untuk menunda hal ini dimaksudkan karena semakin cepat waktu konsumsinya maka keuntungannya dapat lebih besar. 

Postinor sebagai kontrasepsi darurat memiliki jeda waktu yang sangat singkat, itulah mengapa anda lebih baik melakukan stok terlebih dahulu sebelum berada di posisi darurat yang tidak tahu harus bagaimana. Jika anda ingin melakukan pemesanan di Alvarma Store silahkan klik dibawah ini