Bilas Vagina : Apakah Efektif Dalam Mencegah Kehamilan?


Apakah membilas vagina setelah berhubungan efektif dalam mencegah kehamilan?

Bilas vagina mungkin cukup familiar didengar. Biasanya wanita akan terburu – buru membilas vagina selepas berhubungan badan.

Namun apakah cara ini efektif dan dapat membantu mencegah kehamilan?

Dalam praktiknya membilas vagina biasanya hanya dilakukan sebatas mulut vagina, labia hingga perineum dan pada anus. Sementara penetrasi yang dilakukan mungkin hingga mencapai mulut Rahim.

Maka membersihkan hanya pada permukaan vagina saja jelas tidak mungkin mampu untuk mencegah kehamilan.

Bilas vagina masih banyak sekali diterapkan oleh pasangan

Bagaimana jika membersihkan hingga dalam?

Membersihkan vagina hingga dalam menggunakan jari dapat mencapai cervix. Namun tujuannya dalam membersihkan ini biasanya hanya sebatas air mani saja bukan sperma. Faktanya lubang yang menuju leher vagina pun sangat sempit sehingga agak tidak memungkinkan air dapat melalui lubang tersebut.

Berapa banyak sperma dikeluarkan?

Dalam pembuahan hanya sperma terpilihlah yang dapat mencapai sel telur dan melakukan pembuahan. Sperma mencapai sel telur dengan cara berenang. Semakin sehat maka semakin cepat ia berenang dan mencapai sel telur.

Pada seorang pria normal, 1x ejakulasi ia dapat mengeluarkan 40 juta hingga 1.3 milyar sel sperma. Sehingga logikanya bagaimana caranya kita dapat memastikan bahwa tidak ada satupun sel sperma yang mencapai sel telur dengan cara bilas vagina.

Sehingga jika anda masih berpikir bahwa membilas vagina hingga memasukkan berbagai macam cairan kedalam liang vagina maka metode ini tidak efektif dalam mencegah kehamilan.

Douching Vagina, Bolehkah?

Salah satu risiko douching vagina yaitu infeksi saluran vagina


Douching
merupakan sebuah metode dalam membilas vagina dengan berbagai macam campuran bahan kimia seperti salah satunya antiseptik. 

Douching dipopulerkan di Prancis dimana banyak wanita yang menggunakan metode tersebut untuk membersihkan vagina. 

Pada dasarnya metode ini tidak lebih hanya sekadar sugesti agar wanita berpikir bahwa vaginanya bersih. 

Hal yang menakjubkan adalah 1 dari 5 wanita di dunia melakukan hal ini dengan berbagai macam cairan yang dimasukkan. 

Vagina memiliki caranya sendiri dalam membersihkan liangnya. Prinsip membersihkan ini sama seperti prinsip pada tenggorokan dimana tenggorokan terus menerus memproduksi lendir atau yang dipahami sebagai dahak. Lendir ini sekalipun komposisinya berbeda seperti yang berada pada vagina namun cara kerjanya hampir sama. Lendir ini akan menangkap bakteri dan mengeluarkannya dari tubuh. 

Cara apakah yang lebih efektif mencegah kehamilan?

Ketimbangan melakukan bilas vagina, akan jauh lebih efektif mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan metode kontrasepsi, jika anda tertarik membaca tentang metode kalender maka silahkan baca blog kami disini. Ada berbagai metode kontrasepsi yang dapat anda pilih.

Kontrasepsi merupakan langkah kita sebelum melakukan hubungan seksual. Jika anda memang sedang merencanakan kehamilan maka kontrasepsi tidak perlu terlalu dipikirkan. Lain halnya jika anda ingin menunda kehamilan terlebih dahulu. Kontrasepsi merupakan salah satu langkah strategi yang tidak dapat anda sepelekan. 

Baca disini tentang macam - macam Alat Kontrasepsi. Gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. 

Kondom merupakan salah satu kontrasepsi yang paling sering digunakan. Selain mudah penggunaannya kondom pun salah satu alat kontrasepsi yang cukup murah dan efektif. Kondom pun cenderung mudah didapatkan di Indonesia.

Apakah yang harus dilakukan jika sperma keluar didalam vagina?



Ketika terjadi penetrasi tidak disangkal jika sperma dapat masuk kedalam vagina sekecil apapun. Bahkan dikatakan bahwa sel sperma bisa juga berada pada cairan lubrikan yang keluar dari penis. 

Jika sperma keluar dari vagina dan secara tidak sengaja anda belum menggunakan kontrasepsi maka satu - satunya cara adalah dengan menggunakan kontrasepsi darurat. 

Kontrasepsi darurat merupakan jenis kontrasepsi oral yang mengandung progesterone dimana jenis kontrasepsi ini mampu mencegah kehamilan jika dikonsumsi dalam 3x24 jam setelah berhubungan badan yang pertama. 

Cara kerja kontrasepsi ini sama seperti penjelasan lendir di atas. Karena memiliki basis hormonal maka obat ini berfokus pada pendekatan tubuh secara hormonal dan memiliki dampak pada siklus menstruasi.

Kontrasepsi darurat ini memiliki tingkat efektivitas hingga 99% dalam mencegah kehamilan dan banyak digunakan jika pasangan lupa menggunakan kontrasepsi. 

Salah satu jenis kontrasepsi darurat yang ada di pasaran adalah Postinor dimana jenis ini banyak digunakan untuk mencegah kehamilan karena efektifitasnya yang sangat tinggi. 

Baca disini untuk cara menggunakan postinor sesuai anjuran.