Macam - Macam Alat Kontrasepsi yang Populer di Indonesia | Postinor Jakarta

-->
Postinor Jakarta - Pada bahasan ini kita akan membahas kontrasepsi secara menyeluruh. Postinor merupakan salah satu kontrasepsi Namun ada banyak lagi kontrasepsi lain yang perlu kamu ketahui. Tujuannya adalah agar kamu memahami jenis-jenis kontrasepsi dan penerapannya.

Sebelum masuk ke bahasan yang lebih mendalam. Apakah yang dimaksud dengan kontrasepsi?

Kontrasepsi ialah usaha-usaha yang digunakan dan diterapkan untuk mencegah terjadinya kehamilan. sifat dari usaha-usaha itu dapat bersifat permanen maupun sementara. Pada wanita, kontrasepsi permanen dinamakan tubektomi dan pada pria disebut dengan Vasektomi. Hingga saat ini terdapat banyak sekali jenis-jenis kontrasepsi, namun kontrasepsi yang aman harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  • Kontrasepsi harus dapat dipercaya. Dapat dipercaya disini maksudnya kamu mendapatkan obat kontrasepsi tersebut dari penjual yang terpercaya. sehingga komposisi dan keutuhan obat yang kamu beli dapat dipertanggungjawabkan
  • Persepsi yang baik tidak menimbulkan efek yang mengganggu kesehatan. sehingga jika ditemukan kontrasepsi yang memiliki efek samping merusak organ tubuh wanita maupun pria yang menggunakan, dapat disimpulkan bahwa kontrasepsi tersebut berbahaya.
  • Daya kerja kontrasepsi yang dapat sesuai dengan kebutuhan
  • Kontrasepsi yang baik juga tidak menimbulkan gangguan waktu melakukan coitus atau berhubungan seksual
  • Dapat diterima penggunaannya oleh pasangan yang bersangkutan. Mengapa? hal ini dikarenakan penggunaan kontrasepsi akan mempengaruhi kenyamanan berhubungan seksual terhadap pasangan
Dari berbagai macam jenis kontrasepsi  terdapat beberapa macam jam baik yang menggunakan alat maupun tidak, antara lain :




Jenis - jenis kontrasepsi yang tersebar di Indonesia 

A. Metode kontrasepsi sederhana

  1. Metode Kalender
Salah satu metode kontrasepsi sederhana yang cukup populer adalah metode kalender. pada metode ini didasarkan pada suatu perhitungan yang diperoleh dari informasi pola siklus menstruasi secara berurutan.  Apakah maksudnya dengan berurutan? 

Berurutan di sini maksudnya kita mendapat data yang pasti tentang pola menstruasi dan hal ini tidak dapat hanya disimpulkan dari satu siklus saja melainkan dari beberapa kali siklus.

2. Metode ASI eksklusif


Negara Indonesia termasuk  salah satu negara cara yang sangat mendukung program air susu ibu eksklusif. tidak hanya baik untuk bayi Namun ternyata metode ini juga baik bagi ibu. siapa sangka ternyata metode ini termasuk salah satu jenis kontrasepsi  yang cukup efektif. 

Selama masa menyusui eksklusif pasien belum akan mendapatkan  menstruasi. hal ini terjadi pada saat masa nifas setelah melahirkan. Dalam masa metode ASI eksklusif sel telur belum akan dibatalkan sehingga ga ini menjadi metode kontrasepsi yang cukup aman dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

3. Metode suhu tubuh
Sebenarnya Metode ini cukup jarang digunakan sebagai metode kontrasepsi. Hal ini dikarenakan edukasi di masyarakat yang masih kurang dan batas pemahaman masyarakat yang masih sangat rendah terhadap metode ini. Dalam konsep kontrasepsi menggunakan metode suhu tubuh kita harus rutin mengukur suhu tubuh.

Mengapa?

Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan suhu tubuh merupakan indikasi bahwa telah terjadinya ovulasi. hal ini juga berarti bahwa terjadi masa-masa subur. Dalam metode ini tidak dianjurkan melakukan hubungan seksual dikala terjadi peningkatan suhu tubuh. 

Penggunaan metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang tidak terlalu tinggi Hal ini dikarenakan dalam penerapannya kita harus rutin memeriksa suhu tubuh setiap hari dan dilakukan sehari dua kali.

4. Senggama terputus
Salah satu metode kontrasepsi yang paling sering digunakan dan metode kontrasepsi yang cukup tua di dunia. metode  di mana pria mengeluarkan alat kelaminnya atau penis dari vagina sebelum pria mencapai ejakulasi sehingga mencegah terjadinya penetrasi sperma ke dalam liang vagina. 

Efektivitas bergantung pada kesediaan pasangan untuk melakukan senggama terputus setiap pelaksanaannya hal ini biasa diakibatkan oleh ketidaknyamanan pasangan. angka kegagalan dari metode kontrasepsi ini adalah 4 hingga 18 kehamilan per 100 wanita.

B. Metode Barrier

  1. Kondom
Pada zamannya kondom merupakan terobosan dalam hal kontrasepsi. menggunakan berbagai bahan diantaranya latex plastik atau bahan alami seperti kulit hewan. Penggunaan kontrasepsi ini adalah dengan cara memasang kondom pada penis saat berhubungan seksual. pada saat ditemukan Kondom tidak hanya efektif dalam mencegah kehamilan namun juga efektif dalam mencegah infeksi menular seksual termasuk HIV AIDS.

2. Spermisida
Spermisida merupakan bahan kimia fungsinya untuk menonaktifkan atau membunuh sperma. bentuk spermisida beragam dimulai dalam bentuk aerosol atau busa, tablet vaginal suppositoria, atau dalam bentuk krim. dalam perkembangannya saat ini setiap kondom sudah dilengkapi oleh spermisida. tujuannya adalah jika ada kondom bocor dan tidak diketahui maka secara otomatis sperma akan terbunuh.

C. Metode kontrasepsi modern

Dalam metode ini kontrasepsi sudah menggunakan berbagai macam intervensi  baik dari obat oral maupun suntikan.

  1. Kontrasepsi pil
Kontrasepsi pil disebut juga sebagai kontrasepsi oral yang harus diminum setiap hari selama anda mau menggunakan kontrasepsi tersebut. penggunaan alat kontrasepsi ini harus rutin dan tidak boleh terputus. fungsinya kontrasepsi ini bekerja dengan cara mengentalkan lendir serviks sehingga sulit dilalui oleh sperma.

Terdapat dua macam yaitu kontrasepsi kombinasi di mana ia mengandung progesteron dan estrogen. kemudian kontrasepsi pil progestin yang sering disebut dengan Minipil.

Jenis kontrasepsi inilah kontrasepsi darurat berada karena memiliki kandungan progesterone yang membantu untuk meluruhkan sel rahim dan membatalkan terjadinya konsepsi.




2. Kontrasepsi implant
Kontrasepsi implant merupakan alat kontrasepsi yang berisi hormon jenis progesteron levonorgestrel dengan cara ditanamkan ke dalam tubuh (bawah kulit).

3. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)
Alat kontrasepsi ini digunakan dengan cara memasukkan sebuah benda ke dalam liang vagina. contoh pada kontrasepsi ini adalah penggunaan pada spiral atau Copper T.  alat kontrasepsi ini berfungsi untuk mencegah sperma masuk ke dalam  rahim.

4. Kontrasepsi Mantap
Kontrasepsi mantap merupakan bentuk kontrasepsi semi permanen yang dilakukan dengan cara mengikat Atau menyumbat saluran telur. pada laki-laki metode kontrasepsi ini bisa diterapkan dengan cara menyumbat saluran air mani pada laki-laki.

5. Kontrasepsi suntikan

Awal mulanya penggunaan kontrasepsi suntikan masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Selain pemberiannya yang memberikan rasa sakit kontrasepsi suntikan dikatakan dapat menyebabkan kegemukan pada beberapa wanita. namun hingga kini terjadi peningkatan penggunaan kontrasepsi suntikan baik dalam periode 1 maupun yang 3 bulan. kontrasepsi dengan metode suntikan memasukkan obat melalui jaringan otot.

Memahami alat kontrasepsi membuat anda mampu memahami mana alat maupun metode kontrasepsi yang cocok bagi kebiasaan hidup anda.